Hallow sahabat online ^^
Pada postingan kali ini saya akan membuat skenario rencana pembayaran secara angsuran pada faktur customer
Sebelumnya kita akan membuat payment terms nya terlebih dahulu.
( Accounting - Configuration - Payment Terms - Create )
Saya membuat payment terms, dimana customer membayar
uang muka sebesar 30% dari total tagihan dengan due date 1 hari setelah tanggal
invoice, kemudian membayar sisanya sebesar 70% dari total
tagihan dengan due date 30 hari setelah tanggal invoice.
Pada skenario ini, PT Sekolah Teratai Jaya melakukan pemesanan hotel Standar Room dengan fasilitas 2 kamar tidur, dinner, breakfast dll dengan quantity 60 orang dengan menggunakan payment terms 30% advance 1 day, Balance 30. Dimana tagihan uang muka sebesar 30% jatuh tempo pada tanggal 14/06/2020 dan sisa tagihan sebesar 70% jatuh tempo pada tanggal 13/07/2020.
Berikut adalah tampilan invoice yang akan dikirimkan kepada PT Sekolah Teratai Jaya.
Saya melakukan komunikasi melalui whatsapp dengan PT Sekolah Teratai Jaya, selanjutnya PT Sekolah Teratai Jaya sudah melakukan pembayaran uang muka sebesar 30% dari total tagihan melalui bank BCA.
Setelah saya memastikan bahwa pembayaran sudah dilakukan, saya melakukan register payment sesuai dengan total tagihan yang dibayarkan.
Berikut tampilan Jurnal Entries setelah dilakukan pembayaran uang muka sebesar 30%.
Pada Jurnal Items dapat terlihat bahwa jumlah tagihan terbagi menjadi 2, yaitu : 30% dengan due date 1 hari dan 70% dengan due date 30 hari setelah tanggal invoice.
Sekian dari postingan kali ini, semoga bermanfaat ^^
#IndriDwiPriscilliaBelo#4417215008#UniversitasPancasilaTeknikIndustri#ERP#Odoo#Dr.Ir.AgungTerminanto,MBA
#UPERP13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar