Pada postingan kali ini saya akan menjawab beberapa PR yang berhubungan dengan akuntansi.
1. Sebutkan sistem akuntansi di kantor
Di kantor saya menggunakan sistem Accurate dan General ledger, dimana sistem ini tidak digunakan untuk semua divisi hanya digunakan untuk modul Accounting dan Purchase saja.
2. Bagaimana cara postingnya? Misal saat ada penerimaan barang digudang.
Dibagian saya sendiri untuk menstok barang masih menggunakan Excel. Saya memiliki rekomendasi link untuk sistem dipoint 1 semoga dapat membantu
Accurate : Link
General Ledger : Link
Accurate : Link
General Ledger : Link
Untuk Penerimaan Barang digudang (saya mengambil contoh penerimaan barang di QC Lab)
Vendor mengirim barang ke gudang/perusahaan. Barang yang datang dikonfirmasikan ke bagian Purchase. Setelah itu dilakukan pengecekan barang apakah sudah sesuai dengan surat pemesanan dan surat jalan, untuk pemesanan reagent di lab biasanya dilakukan pengecekan pada reagent datang, MSDS dan surat jalan. Setelah sesuai bagian QC Lab akan membuat surat penerimaan barang ke bagian Purchase. Setelah itu bagian QC Lab membuat stok barang dengan menggunakan Excel. Setelah itu invoice akan diproses di bagian Accounting mengenai pembayaran barang tersebut.
3. Membuat CoA / Chart Of Account
Bagan Akun (Chart of Account) adalah sebuah daftar dari
akun-akun perusahaan yang digunakan untuk mengidentifikasi ataupun
memperlancar proses pencatatan transaksi, baik itu pemasukkan maupun
pengeluaran. Nantinya, seluruh pencatatan transaksi tersebut akan
direkap ke dalam Jurnal Umum. Setiap perusahaan bisa mengatur bagan
akunnya sendiri sesuai dengan yang diinginkan.
Secara umum CoA (Chart of Account) terdapat beberapa jenis antara lain Asset, Kewajiban (hutang), Modal Pemegang Saham, Penghasilan dan Biaya.
Secara umum CoA (Chart of Account) terdapat beberapa jenis antara lain Asset, Kewajiban (hutang), Modal Pemegang Saham, Penghasilan dan Biaya.
Berikut link contoh CoA yang sudah saya buat : Link CoA
4. Modul Addoons
Saya menginstall modul addons Accounting yaitu https://apps.odoo.com/apps/modules/12.0/de_print_journal_entries/
Sebelumnya pada Jurnal Entries tidak terdapat pilihan print
Setelah menginstall modul pada Jurnal Entries terdapat pilihan print sehingga kita bisa mendokumentasikan dalam bentuk hardcopy.
Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat^^
#IndriDwiPriscilliaBelo#4417215008#UniversitasPancasilaTeknikIndustri#ERP#Odoo#Dr.Ir.AgungTerminanto,MBA
#UPERP13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar